Install Windows XP pada VMWare Workstation

Assalamu’alaikum

Selamat sore sobat, Kali ini saya ingin menshare cara install Windows XP pada software VMWare Workstation. sebelum kita memulai tahap instalasi Windows XP pada VMWare Workstation, kita harus mendownload beberapa software yang diperlukan.

Software yang diperlukan :
  
1.     VMWare Workstation (Jika belum punya, silahkan download Di Sini)
2.    Sistem Operasi Win XP berekstensi .ISO (Download Di Sini)
3.   PowerISO *(jika anda memiliki sistem operasi windows xp namun bukan berekstensi .iso, anda bisa mengconvert file os windows xp dengan powerISO (Download Di Sini) (cara mengconvert file os windows xp ada Di Sini)


setelah kita memiliki semua software yang dibutuhkan, selanjutnya mari kita lakukan tahap instalasi OS Win XP.



1.   Install VMWare Workstation pada PC / Laptop anda seperti biasa anda melakukan instalasi OS
2.  Jika sudah terinstall, langkah selanjutnya adalah membuat Virtual Machine baru



3.    pada tahap instalasi pembuatan virtual machine baru, kita memerlukan file OS yang akan kita install. (contoh: saya ingin menginstall win xp proffesional yang berada pada direktori E: pada HDD saya) file OS yang diperlukan dalam bentuk / berekstensi .ISO


4.    Setelah itu, masukkan serial number OS yang akan kita install. jika tidak ada serial numbernya sobat bisa cari serial number di google. kemudian klik "Next >" dan beri nama virtual machine anda



5.    Berikan kapasitas HDD yang diperlukan untuk system OS Win XP. pada contoh kali ini, saya memberikan kapasitas 40Gb untuk sistem Windows XP yang akan saya install. kemudian pilih "Store virtual disk as a single file" untuk membuat kapasitas HDD menjadi 1 direktori (C:) dan klik "Next >"


6.    Pada tahapan selanjutnya, kita perlu mengedit sistem spesifikasi dari virtual machine kita. klik "Customize Hardware" untuk mengedit hardware. sebagai contoh, saya mengganti memory dari 512mb menjadi 1024mb dan prosesor dari 1 core menjadi 2 core. Kemudian klik "Finish" memproses installasi akan dimulai secara otomatis


7.    Pada tahap selanjutnya adalah memulai tahap instalasi. kita hanya perlu menunggu proses installasi sampai selesai



8.    setelah menunggu setup selesai. langkah selanjutnya, kita harus memasukkan serial number windows XP kembali. Dan klik "Next"


9.    Setelah memasukkan serial number dari Windows XP, akan memulai tahap instalasi komponen yang diperlukan untuk menjalankan OS Windows XP. pada tahap ini, kita hanya menunggu sampai proses instalasi selesai



10. Setelah tahap instalasi komponen selesai, maka sistem operasi windows xp sudah siap dijalankan pada virtual machine


11.  Setelah selesai booting windows, hal yang saya alami adalah terjadinya error file. namun hal yang saya lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengklik "Continue"


12. Ya.. selesai tahapan instalasi Windows XP pada VMWare Workstation. Dan inilah hasil setelah kita menginstall windowsnya, desktop background masih polos :D (Tampilan dalam mode fullscreen)


13. Selamat anda sudah berhasil menginstal Windows XP menggunakan VMWare Workstation

                                        Wassalamu’alaikum



Komentar